Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data


Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data | Pengertian Jaringan Client Server | Pengertian Jaringan Peer to Peer� apa yang ada pikirkan setelah mendengar kata jaringan komputer? Pasti yang ada pikirkan bahwa jaringan komputer yaitu jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih perangkat komputer agar bisa saling bertukar informasi atau berkomunikasi.



Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mengigat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu jaringan komputer, bisa simak ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan komputer berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk suatu jaringan komputer melalui media trasmisi atau media komunikasi, sehingga dapat berbagai informasi, data, aplikasi maupun berbagai sebuah internet.

Isitlah jaringan komputer ini sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Tujuan dibagunya jaringan komputer yaitu agar informasi atau data yang dibawah si pengirim (transmitter) dapat diterima dengan baik kepada penerima (receiver).

Oke tidak usah banyak basa basi, langsung saja kali ini laptopsiipat akan membahas apa aja sih Jenis Jaringan Komputer Menurut Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data, selengkapnya simak berikut ini ya.

BACA JUGA : Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data
Sumber : nesabamedia


1. Jaringan Client Server

Pengertian Jaringan Client Server ini terdiri dari satu atau lebih komputer client, biasanya yang terdiri dari satu komputer server dan beberpa komputer client.

Untuk tugas komputer server yaitu menyediakan sumber daya data yang nantinya akan digunakan oleh Komputer Client. Sedangkan komputer client mempunyai tugas yaitu menggunakan sumber daya data yang telah disediakan oleh komputer server.

BACA JUGA : Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data

2. Jaringan Peer to Peer

Pengertian Jaringan Peer to Peer ini masing masing komputer baik itu komputer server ataupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama, jadi komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Pada jaringan ini hanya membutuhkan 2 komputer dan 1 kabel saja untuk bisa saling terkoneksi dalam jaringan.

BACA JUGA : Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai Macam Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dalam mengenai Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data dan mengetahui pengertian jaringan client server dan jaringan peer to peer

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.

0 Response to "Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data"

Post a Comment