Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network)


Pengertian LAN | Pengertian Local Area Network - Apa yang ada dipikiran kalian mengenai apa itu LAN (Local Area Network)? Pasti kalian hanya tau bahwa lan itu merupakan jaringan local, iya betul jaringan lan merupakan jaringan local yang hanya mencakup daerah local saja.

Contohnya ada sebuah jaringan komputer yang berbentuk jaringan LAN di suatu gedung atau kantor yang jaraknya tidak terlalu jauh atau hanya mencakup 1 ruang lingkup saja.

Lalu apa sih hubunganya antara jaringan komputer dengan LAN? oke makanya simak terus ya, jadi kali ini saya akan menjelaskan juga mengenai jaringan komputer.

Apa yang ada pikirkan setelah mendengar kata jaringan komputer? Pasti yang ada pikirkan bahwa jaringan komputer yaitu jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih perangkat komputer agar bisa saling bertukar informasi atau berkomunikasi.

Contoh LAN (Local Area Network)


Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mengigat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu jaringan komputer, bisa simak ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan komputer berikut ini.

BACA JUGA : Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Lengkap

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk suatu jaringan komputer melalui media trasmisi atau media komunikasi, sehingga dapat berbagai informasi, data, aplikasi maupun berbagai sebuah internet.

Isitlah jaringan komputer ini sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Tujuan dibagunya jaringan komputer yaitu agar informasi atau data yang dibawah si pengirim (transmitter) dapat diterima dengan baik kepada penerima (receiver).

Oke sekarang sudah tau kan apa itu jaringan komputer, Jadi dalam jaringan komputer mempunyai berbagai macam jaringan sepeti LAN, MAN, WAN. Sekarang laptopsiipat akan membarikan ulasan mengenai Pengertian LAN (Local Area Network)


BACA JUGA : Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Lengkap

Pengertian LAN 

Apa itu Lan? LAN amerupakan kepanjangan dari Local Area Network merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, contohnya seperti di warnet, kantor, atau sekolah.

Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10 sampe 1000 MB/s.

Untuk jarak jaungkauan pada LAN adalah 5-10 km.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, banyak juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.


Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai Pengertian LAN (Local Area Network).

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dalam Penjelasan mengenai Local Area Network (LAN).

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.

0 Response to "Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network)"

Post a Comment