Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data


Macam Macam dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan  Media Trasmisi Data | Pengertian Jaringan Nirkabel (Wireless Network)Pengertian Jaringan Berkabel (Wired Network) � apa yang ada pikirkan setelah mendengar kata jaringan komputer? Pasti yang ada pikirkan bahwa jaringan komputer yaitu jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih perangkat komputer agar bisa saling bertukar informasi atau berkomunikasi.

Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data

Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mengigat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu jaringan komputer, bisa simak ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan komputer berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk suatu jaringan komputer melalui media trasmisi atau media komunikasi, sehingga dapat berbagai informasi, data, aplikasi maupun berbagai sebuah internet.

Isitlah jaringan komputer ini sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Tujuan dibagunya jaringan komputer yaitu agar informasi atau data yang dibawah si pengirim (transmitter) dapat diterima dengan baik kepada penerima (receiver).

Oke tidak usah banyak basa basi, langsung saja kali ini laptopsiipat akan membahas apa aja sih Jenis Jaringan Komputer Menurut Media Trasmisi Data, selengkapnya simak berikut ini ya.

BACA JUGA : Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Lengkap

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data
Sumber : nesabamedia

1. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Pengertian Jaringan Nirkabel (Wireless Network) - Dalam jaringan ini tidak diperlukan kabel, karena jaringan ini tanpa kabel tetapi dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media trasmisi datanya.

Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elekgromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter merupakan salah satu media trasmisi yang digunakan dalam wireless network.



2. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pengertian Jaringan Berkabel (Wired Network) - Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya untuk bisa saling bertukar informasi atau data yang terhubung dalam suatu internet. Salah satu media trasmisi yang digunakan dalan wired network ini adalah kabel UTP.


Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai Macam Macam Jaringan Komputer Berdasarkan 
Media Trasmisi Data.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dalam mengenai Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan media trasmisi data dan mengetahui Pengertian Jaringan Nirkabel dan Pengertian Jaringan Berkabel.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.

0 Response to "Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data"

Post a Comment