Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer


Macam-Macam Jaringan Komputer | Jenis-Jenis Jaringan Komputer � apa yang ada pikirkan setelah mendengar kata jaringan komputer? Pasti yang ada pikirkan bahwa jaringan komputer yaitu jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih perangkat komputer agar bisa saling bertukar informasi atau berkomunikasi.

macam macam jaringan komputer


Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mengigat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu jaringan komputer, bisa simak ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan komputer berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk suatu jaringan komputer melalui media trasmisi atau media komunikasi, sehingga dapat berbagai informasi, data, aplikasi maupun berbagai sebuah internet.

Isitlah jaringan komputer ini sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Tujuan dibagunya jaringan komputer yaitu agar informasi atau data yang dibawah si pengirim (transmitter) dapat diterima dengan baik kepada penerima (receiver).

Oke tidak usah banyak basa basi, langsung saja kali ini laptopsiipat akan membahas apa aja sih macam macam jenis jaringan komputer, selengkapnya simak berikut ini ya.

Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer

Pada umumnya jaringan komputer dapat di kelompokkan menjadi 4  kategori, yaitu berdasarkan geografis, distribusi sumber informasi atau data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

A. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis


Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis
Sumber : nesabamedia


1. LAN

LAN merupakan kepanjangan dari Local Area Network merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, contohnya seperti di warnet, kantor, atau sekolah.

Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10 sampe 1000 MB/s.

Untuk jarak jaungkauan pada LAN adalah 5-10 km.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, banyak juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN

BACA JUGA : Tutorial Internet Marketing Clickbank

2. MAN

MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali dengan kecepatan transfer data yang tinggi.

Bisa dibilang, jaringan MAN ini merupakan gabungan dari beberapa Jaringan LAN. Untuk jangkauan dari MAN ini berkisaran 10-50 km.

MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi untuk membuat suatu rancangan menjadi lebih simple.

BACA JUGA : 11 Situs Belajar Pemrograman (Coding) Terbaik Untuk Pemula

3. WAN

WAN atau kepanjangan dari Wide Area Network merupakan jaringan berbasis luas yang mencakup daerah geografis yang luas, semisal antar negara bahkan benua.

WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringa nlokal sehingga dapat mempermudah untuk berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada pada lokasi yang berbeda.


Untuk jarak jaungkauan pada WAN bisa sampe 100 km � 1000 km.

BACA JUGA : 10 Contoh Bahasa Pemrograman Komputer Populer di Indonesia

B. Macam-Macam Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

Macam-Macam Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data
Sumber : nesabamedia

1. Jaringan Terpusat

Yang dimaksud jaringan terpusat yaitu jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal atau istilahnya yaitu terminal bisu, dimana terminal ini tidak memiliki alat pemrosesan data.

BACA JUGA : Perkembangan Generasi Bahasa Pemrograman Komputer


2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini merupakan hasil gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memingkinkan beberapa komputer server dan client dapat saling terhubung dan membentuk suatu sistem jaringan.

BACA JUGA : Manfaat Belajar Pemrograman Komputer atau Coding

C. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data
Sumber : nesabamedia

1. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini tidak diperlukan kabel, karena jaringan ini tanpa kabel tetapi dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media trasmisi datanya.

Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elekgromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter merupakan salah satu media trasmisi yang digunakan dalam wireless network.

BACA JUGA : Mengulas Lebih Dalam Tentang Coding atau Bahasa Pemrograman


2. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya untuk bisa saling bertukar informasi atau data yang terhubung dalam suatu internet. Salah satu media trasmisi yang digunakan dalan wired network ini adalah kabel UTP.

BACA JUGA : Cara Membuat Aplikasi Android di Appgeyser Untuk Blog Tanpa Coding

D. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data
Sumber : nesabamedia


1. Jaringan Client Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer client, biasanya yang terdiri dari satu komputer server dan beberpa komputer client.

Untuk tugas komputer server yaitu menyediakan sumber daya data yang nantinya akan digunakan oleh Komputer Client. Sedangkan komputer client mempunyai tugas yaitu menggunakan sumber daya data yang telah disediakan oleh komputer server.

BACA JUGA :Jasa Desain Murah, Baju, Foto, Banner, Logo, Pamflet Berkualiatas


2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini masing masing komputer baik itu komputer server ataupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama, jadi komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Pada jaringan ini hanya membutuhkan 2 komputer dan 1 kabel saja untuk bisa saling terkoneksi dalam jaringan.

BACA JUGA : Manfaat Adanya Jaringan Komputer

Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai Macam Macam Jenis Jaringan Komputer.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dala mengenai Jenis jenis jaringan komputer.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.





0 Response to "Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer"

Post a Comment